1.
Apa yang
dimaksud dengan jaringan ?
Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang
terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi
sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat
mengakses informasi(peramban web).
2.
Jelaskan
pengertian LAN, MAN, WAN
Local Area Network biasa disingkat LAN
adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti
jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih
kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet
menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100,
atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau
biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat
yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN.
Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang
menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan
sebagainya.
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi
informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang
mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah,
kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan
komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
3. Sebutkan macam-macam topologi jaringan !
Ø Topologi
Bus
Ø 2.Topologi
Ring
Ø Topologi
Star
Ø Topologi
Tree
Ø Topologi
Mesh / Jala
Ø Topologi
linear
4. Jelaskan yang dimaksud dengan TCP/IP, Dial UP,
Network Conection, ISP !
TCP/IP
(singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet
Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas
internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di
dalam jaringan Internet.
Dial-up connection atau dial-up adalah
istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses
Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak.
Network connection merupakan upaya mengkoneksikan semua
peralatan jaringan dalam infrastruktur jaringan komputer
ISP atau yang
disebut dengan Internet Service Provider merupakan sebuah badan atau
perusahaan yang menghubungkan komputer melalui saluran komunikasi ke server ISP
yang telah terhubung ke Inteernet atau bisa dikatakan sebagai penyedia layanan
jasa Internet.
5. Apa yang dimaksud dengan router, repeater,
hub, crimping, Kabel Utp ?
Router adalah perangkat jaringan yang
digunakan untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya, dengan
adanya router maka sebuah protocol dapat di-sharing kepada perangkat jaringan
lain.
Repeater adalah Suatu perangkat yang dipasang
di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal-sinyal yang di
transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula, guna
memperpanjang jarak yang dapat di tempuh.
Hub merupakan perangkat jaringan yang
bekerja di OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga dia hanya bekerja tak lebih
sebagai penyambung atau concentrator saja, dan hanya menguatkan sinyal di kabel
UTP.
Crimping adalah proses dimana sebuah kabel
jaringan diproses agar mampu menjadi kabel sebuah jaringan yang sempurna atau
bisa disebut cara membuat kabel jaringan.
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah
kabel yang bisa digunakan untuk membuat jaringan atau network komputer berupa
kabel yang didalamnya berisi 4 pasang kabel yang setiap pasangnya adalah kembar
dengan ujung konektor RJ-45.
6. Jelaskan langkah-langkah menseting jaringan ?.
2. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar
dibawah ini :
kalau gambar seperti diatas sudah muncul, langkah
selanjutnya adalah anda click change adafter settings seperti gambar yang sudah
saya lingkari diatas.
3. Setelahdi click. perhatikan gambar dibawah ini :
Setelah gambar diatas muncul, klik kanan pada Local
area connection lalu pilih properties.
4. Selanjutnya akan muncul sebuah gambar seperti
gambar dibawah ini :
Setelah gambar sepereti diatas muncul, anda pilih
Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) klik dua kali ( double klik ) atau pergi
ke properties.
5. Setelah itu, setting IP nya untuk komputer 1
seperti gambar dibawah ini jangan lupa disave
Lalu, untuk komputer ke 2 nya, anda settingkan seperti
gambar dibawah ini jangan lupa disave
Nah, setelah anda mensetting kan IP nya, coba anda
ping kan ke salah satu komputer yang tadi. Ping bisa lewat CMD. Pergi ke icon Start >> All program >>
Accessories >> Command prompt
Contoh : C:\Ussers\Supervisor\ PING 192.168.1.1
lalu tekan Enter
Jika sudah terhubung akan tampil seperti ini
7. Sebutkan macam-macam web browser ?
Ø Mozilla Firefox
Ø Google Chrome
Ø Internet Exploler
Ø Opera
Ø Flock
Ø Netscape
Ø Safari
Ø Kylo
Ø Avant Browser
Ø Deepnet Explorer
Ø K-Meleon
Ø Maxthon
Ø Lunascape
Ø KidZui
Ø
Kidrocket
8.
Sebutkan
macam-macam mesin pencari !
9.
Sebutkan
etika dalam menulis email ?
1. Pembukaan
Ketika menulis email, mulailah dengan kata sapaan seperti layaknya menulis surat. Penggunaan bahasa Inggris dan Indonesia yang dicampur-campur juga memberikan kesan kurang baik. Sebaiknya gunakan satu bahasa secara konsisten dari awal hingga akhir surat. Untuk bahasa Indonesia, pastikan bahwa Anda menggunakan bahasa baku dengan Bapak, Ibu, Sdra, atau Sdri. Jangan lupa pula untuk mencantumkan jabatan dan posisi orang yang akan Anda kirimi email.
2. Isi
Sebaiknya berikan jarak yang jelas antara pembukaan dan isi surat. Entah apapun isi surat yang Anda kirim, baik itu peringatan, teguran, maupun keluhan, jangan sekali-kali mencantumkan kata-kata kasar. Pasalnya, kata-kata yang sifatnya kasar, slang, porno, atau hal-hal lain yang meremehkan sangat tidak pantas untuk dituliskan dalam email. Pastikan Anda menuliskan tentang fakta dan bukanlah emosi semata. Perlu diketahui bahwa email akan sangat mudah dimonitor. Perusahaan bisa memonitor aktivitas email Anda melalui jaringan IT perusahaan. Jadi, berhati-hatilah dalam menulis email.
3. Penutup
Setelah pembukaan dan isi surat, sampailah pada bagian penutup. Pada bagian penutup Anda harus mencantumkan identitas diri secara lengkap. Biasanya dimulai dengan menuliskan ucapan salam, menulis nama lengkap, jabatan, nama perusahaan, alamat perusahaan, kode pos, nomor telepon perusahaan, nomor telepon pribadi, dan alternatif alamat email.
4. Subjek
Tepat pada kolom subjek, tuliskan judul yang mewakili isi surat Anda. Pilihlah kata atau kalimat yang singkat sehingga memudahkan orang untuk secara cepat mengetahui garis besar dari surat yang Anda kirim. Sehingga, akan lebih cepat pula ia memahami isi surat yang Anda kirimkan.
5. Cek ejaan
Setelah selesai menulis surat, sebaiknya Anda kembali mengecek isi surat, termasuk kemungkinan kesalahan ejaan. Kesalahan ejaan dinilai bisa mencerminkan keteledoran seseorang. Terlebih, kesalahan ejaan juga dapat membuat suatu kalimat menjadi bermakna rancu dan sulit dimengerti. Cek ejaan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan profe reader, yaitu mengoreksi kembali isi tulisan yang akan dikirim, baik kalimat, ejaan, maupun isi surat.
6. Emoticon
Dalam email resmi Anda, jangan sekali-kali menggunakan emoticon seperti smiley face yang biasa dipakai untuk memberi kesan kasual dan humor. Penggunaan emoticon termasuk mencerminkan ketidakprofesionalan seseorang. Sekalipun email dikirim untuk orang yang sudah akrab sebaiknya batasi penggunaannya.
7. BCC
Blind Carbon Copy atau BCC berguna untuk mencantumkan alamat email lain tanpa memperlihatkannya kepada penerima lain. BCC akan sangat berguna jika Anda dituntut untuk mencantumkan banyak pihak saat mengirim email. Selain demi menjaga kerahasiaan, BCC juga dapat menghindarkan rasa sensitif dari pihak-pihak tertentu
Ketika menulis email, mulailah dengan kata sapaan seperti layaknya menulis surat. Penggunaan bahasa Inggris dan Indonesia yang dicampur-campur juga memberikan kesan kurang baik. Sebaiknya gunakan satu bahasa secara konsisten dari awal hingga akhir surat. Untuk bahasa Indonesia, pastikan bahwa Anda menggunakan bahasa baku dengan Bapak, Ibu, Sdra, atau Sdri. Jangan lupa pula untuk mencantumkan jabatan dan posisi orang yang akan Anda kirimi email.
2. Isi
Sebaiknya berikan jarak yang jelas antara pembukaan dan isi surat. Entah apapun isi surat yang Anda kirim, baik itu peringatan, teguran, maupun keluhan, jangan sekali-kali mencantumkan kata-kata kasar. Pasalnya, kata-kata yang sifatnya kasar, slang, porno, atau hal-hal lain yang meremehkan sangat tidak pantas untuk dituliskan dalam email. Pastikan Anda menuliskan tentang fakta dan bukanlah emosi semata. Perlu diketahui bahwa email akan sangat mudah dimonitor. Perusahaan bisa memonitor aktivitas email Anda melalui jaringan IT perusahaan. Jadi, berhati-hatilah dalam menulis email.
3. Penutup
Setelah pembukaan dan isi surat, sampailah pada bagian penutup. Pada bagian penutup Anda harus mencantumkan identitas diri secara lengkap. Biasanya dimulai dengan menuliskan ucapan salam, menulis nama lengkap, jabatan, nama perusahaan, alamat perusahaan, kode pos, nomor telepon perusahaan, nomor telepon pribadi, dan alternatif alamat email.
4. Subjek
Tepat pada kolom subjek, tuliskan judul yang mewakili isi surat Anda. Pilihlah kata atau kalimat yang singkat sehingga memudahkan orang untuk secara cepat mengetahui garis besar dari surat yang Anda kirim. Sehingga, akan lebih cepat pula ia memahami isi surat yang Anda kirimkan.
5. Cek ejaan
Setelah selesai menulis surat, sebaiknya Anda kembali mengecek isi surat, termasuk kemungkinan kesalahan ejaan. Kesalahan ejaan dinilai bisa mencerminkan keteledoran seseorang. Terlebih, kesalahan ejaan juga dapat membuat suatu kalimat menjadi bermakna rancu dan sulit dimengerti. Cek ejaan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan profe reader, yaitu mengoreksi kembali isi tulisan yang akan dikirim, baik kalimat, ejaan, maupun isi surat.
6. Emoticon
Dalam email resmi Anda, jangan sekali-kali menggunakan emoticon seperti smiley face yang biasa dipakai untuk memberi kesan kasual dan humor. Penggunaan emoticon termasuk mencerminkan ketidakprofesionalan seseorang. Sekalipun email dikirim untuk orang yang sudah akrab sebaiknya batasi penggunaannya.
7. BCC
Blind Carbon Copy atau BCC berguna untuk mencantumkan alamat email lain tanpa memperlihatkannya kepada penerima lain. BCC akan sangat berguna jika Anda dituntut untuk mencantumkan banyak pihak saat mengirim email. Selain demi menjaga kerahasiaan, BCC juga dapat menghindarkan rasa sensitif dari pihak-pihak tertentu
10.
Sebutkan
macam-macam fasilitas email ?
- New Mail, untuk menulis pesan baru yang akan dikirim ke e-mail orang lain. Bila mengklik New Mail akan muncul jendela untuk menulis email baru yang di dalamnya terdapat sejumlah masukan dan menu diantaranya:
- To, masukan alamat e-mail yang dituju.
- CC (Carbon Copy), masukan alamat tembusan
- BCC (Blind Carbon Copy) fungsinya sama dengan CC tapi alamat email yang ditulis di sini tidak akan diperlihatkan di account email tujuan. Perlu diketahui bahwa kita bisa mengirim surat kepada banyak alamat email sekaligus. Untuk memasukkan lebih dari satu alamat email tujuan (baik di kotak To, CC maupun BCC) harus diantarai dengan tanda koma (,) ataupun titik koma (;) diantara setiap alamat email.
- Subject, masukan judul/hal dari email
- Attach, tombol untuk melampirkan file yang hendak dikirim bersamae-mail.
- Send, tombol untuk memulai pengiriman email baru yang sudah ditulis.
- Reply, untuk mengirim email balasan ke alamat email yang masuk.
- Forward, untuk meneruskan pesan email yang diterima ke alamat email orang lain.
- Send/Receive, untuk mengecek email yang masuk atau mengirim email yang belum terkirim.
- Inbox, folder tempat menampung email-email yang masuk.
- Outbox/Drafts, folder tempat menampung email yang hendak dikirim (sementara dalam proses pengiriman).
- Sent Items, folder tempat menampung semua email yang sudah dikirim.
- Deleted Items yaitu folder tempat menampung semua email yang sudah kita hapus dari inbox.
- SPAM atau yang biasa disebut juga dengan junk mail, adalah email yang tidak diinginkan oleh pengguna fasilitas komputer dalam bentuk surat elektronik (email), Instant Messaging, Usenet, newsgroup, blog, dll. SPAM tidak diinginkan oleh pengguna komputer karena SPAM biasanya berisi iklan dari perusahaan yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Biasanya, SPAM akan dirasa mengganggu apabila jumlah email atau lainnya dikirim dalam jumlah yang banyak / besar.
0 comments:
Post a Comment