Powered by Blogger.

Thursday 1 November 2012

Kegiatan Pertanian Di Desa Pengkol






Andrey Dwey Blogger Blogspot - Setelah beberapa hari yang lampau para masyarakat melakukan penanaman benih, untuk waktu-waktu ini masyarakat khususnya di Desa Pengkol, Nglipar, Gunungkidul mulai untuk membersihkan rerumputan yang tumbuh pada tengahan tanaman Padi maupun tanaman lainnya. Setelah kemarin beberapa hari atau bisa diperkirakan satu minggu lebih tidak hujan, kini setelah hujan para petani mulai membersihkan rumput yang tumbuh pada ladangnya. Aktivitas pembersihan rumput pada ladang ini sering disebut oleh masyarakat desa dengan julukan "Mathun" atau arti dalam bahasa indonesia yaitu membersihkan rumput yang mengganggu pertumbuhan tanamannya.

Para petani yang mempunyai banyak ladang dan harus membersihkan rerumputan diladangnya biasanya membutuhkan saudara tani untuk membantu membersihkan rumput diladangnya. Dan setelah panen akan diberikan hasil sebagian hasil panenannya kepada saudara tani yang ikut membantu membersihkan rumput tersebut. Pemilik ladang biasanya mengajak para tetangganya untuk ikut membersihkan rumput diladangnya secara gotong royong atau juga pemilik ladang memberikan sedikit upah untuk para petani yang membantu membersihkan rumput.

Kegiatan membersihkan rumput diladang ini bertujuan agar rumput yang tumbuh disekitar tanaman tidak mengganggu pertumbuhan tanaman ladang dan tanaman yang ditanam diladangnya bisa tumbuh berkembang dan menghasilkan buah atau biji-bijian/hasil panen yang memuaskan. Setelah rumput yang tumbuh disekitar tanaman ladang sudah dibersihkan ,saatnya para petani untuk memupuk tanamannya dengan pupuk kandang atau juga bisa menggunakan pupuk urea. Nah itulah sedikit berita pertanian di Desa Pengkol, Nglipar, Gunungkidul yang saya rangkum dalam situs Andrey Dwey Blogger Blogspot.

Baca juga artikel lainnya :

Tips dan Trik Merawat Pleci Agar Berkicau Dengan Maksimal
 Free Download Theme Android for s60v2
Puisi Hidup Indah Dengan Cinta
Theme Noah Band for s60v2
Khasiat Daun Sirih
Trik Internet Gratis Telkomsel Terbaru 2012 
Hujan Tiba Petani Bekerja 
Chord/Kunci Gitar Cassandra - Cinta Terbaik 
Pantun Cinta Remaja 
Lirik Lagu Ungu - Yogyakarata 
Tips Mengganti Bahasa Facebook Menjadi Bahasa Jawa 

0 comments: